Maintenance PC “Server” Tower 1

http://www.dreamstime.com/-image5647771

Senin 16 Februari 2015 15:35 WIB, Berawal dari laporan Mas Bro Dodo dari hangout “Mas Bayu bisa ke tower 1 gak? PC server bermasalah nih”, langsung bergegas cari kunci sepeda motor berniat langsung berkunjung ke tower 1 walaupun agak sedikit gerimis pada saat itu. Sampai di tower 1, mendengarkan cerita dari Mas Dodo tentang permasalahannya, heemmmm… ternyata permasalahannya Mas Dodo tidak bisa melakukan scan di PC Server (sebutan khas penghuni tower 1 untuk sebuah PC yang berada diruangan depan, walaupun sebenarnya pas saya lihat itu hanya sebuah PC “Tua” yang dijadikan portal untuk melakukan print, scan dll. hehehe).

Setelah melakukan cek, permasalahannya adalah disk C (system) penuh, dan selalu muncul pesan “Low Disk Space” langsung terbesut dalam pikiran kalau PC ini terkena virus, disamping itu tidak ada satupun anti virus yang terinstal di PC tersebut. Googling sebentar dan akhiranya menemukan beberapa artikel yang membahas permasalahan tersebut sekaligus cara untuk menanganinya, benar juga ternyata terkena virus yang bernama “Stuxnet” atau bisa juga di sebut “Winsta”, virus ini bekerja dengan melahap semua lahan kosong di hardisk dan disebabkan dari beberapa hal seperti program bajakan, situs porno dan konten “abu-abu”. Sumber : detik.com

Baca-baca sebentar dari sumber diatas, kemudian langsung mengikuti langkah-langkah untuk membasmi virus tersebut. Waduh…gak berpengaruh ternyata, virus masih berkembang biak bebas di PC tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan pilihan terakhir yaitu INUL (INstal ULang), waktu sudah menunjukan jam 17:20 WIB pada waktu itu, minta izin sesepuh tower 1 (mas endra dan mas dodo) untuk melakukan instal ulang. Dapat masukan juga dari Mas Endra dengan logat khas Tegal nya “Besok lagi aja Bay, sekarang udah sore” heheheh Piss Mas. Bener juga sih, kalau sekarang sepertinya tidak memungkinkan, amunisi (Software OS dll) juga belum disiapkan dan saya juga tidak membawa laptop pada waktu itu. Akhirnya memutuskan untuk pulang ke tower 2 dan mulai menyiapkan beberapa amunisi untuk keesokan harinya.

Selasa, 17 Februari 2015 09:30 WIB. Sipppp, amunisi dan peralatan untuk melakukan instal ulang sudah siap, langsung capcus menuju tower 1. Menyiapkan kopi + rokok, otak atik sebentar, dan proses instal ulang pun berjalan. Tapi permasalahan belum selesai sampai disini, proses baru berjalan 10% tiba-tiba PC mendadak mati sendiri, saya pun coba menghidupkan lagi dan sudah beberapa kali tetap sama. Googling lagi sebentar, ternyata itu disebabkan karena beberapa komponen hardware yang kotor dan PC mengalami Overheat (terlalu panas). Saya pun memutuskan untuk membongkar PC tersebut dan membersihkannya, alhasil ternyata banyak debu-debu menempel dibeberapa komponen hardware terutama pada kipas. Pantas saja PC mengalami overheat karena kipas pendingin terhalang debu tebal sehingga tidak bekerja secara maksimal.

Singkat cerita, PC pun kembali normal sementara karena sebenarnya harus ada komponen yang mesti diganti dan proses instal ulang pun berjalan dengan lancar. Harapan saya Mas Dodo, Mas Endra dan temen-temen penghuni tower 1 sudah bisa menggunakan PC server tersebut sebagaimana mestinya.

“Ini ceritaku, mana ceritamu ?” 🙂